Pengertian VOR
VOR singkatan dari “VHF
Omni-directional Range” adalah salah satu tipe dari sistem navigasi radio
untuk pesawat terbang. VOR memancarkan sinyal radio berupa kode morse dan data
yang memungkinkan peralatan receiver pada pesawat untuk
memperoleh magnetic bearing dari station ke
pesawat terbang.
VOR bekerja pada frekuensi VHF dari 108
sampai 117.95 MHz. Alat bantu navigasi ini membantu pilot untuk menentukan
posisi pesawat menuju atau dari VOR ground station dan
menampilkan jalur menuju atau dari ground station yang
dipilih. VOR bekerja pada pita VHF, maka jarak komunikasi darat-udara terbatas
berupa “line of sight”. VOR biasanya beroperasi bersama dalam satu
shelter dengan DME (Distance Measurement Equipment) dengan maksud untuk
memberikan informasi arah/azimuth (VOR) dan jarak (DME) kepada
penerbang, juga dapat digunakan prosedur operasi bersama-sama ILS (Instrument
Landing System).
Fungsi VOR
1. Menunjukan posisi pesawat terhadap stasiun pemancar
sehingga dapat diketahui daerah yang dilewatinya
2. Menunjukan arah radial run way sehingga dapat menuju
sasaran.
Sistem VOR di Pesawat dan di Ground Station
Sistem kerja VOR terbagi
menjadi dua bagian, yaitu sistem pada ground station dan
sistem yang berada pada pesawat. Sistem yang ada pada ground
station terdiri dari transmitter dan beberapa antena,
sedangkan sistem VOR pada pesawat terdiri dari receiver, control
unit, beberapa indikator, dan antena.
Komponen VOR yang berada pada pesawat adalah sebagai berikut:
1. Receiver,
bertugas untuk menerima sinyal frekuensi, decoding, dan memproses
informasi arah berupa bearing yang diransmisikan oleh
VOR ground station.
2. Control Unit, digunakan untuk pemilihan frekuensi VHF.
Control unit menyediakan rangkaian control dan switching untuk
sistem navigasi very high frequency (VHF).
3. Indicator VOR, digunakan untuk membaca arah terbang pesawat melalui
panah penunjuk yang dapat berotasi menunjukan sudut bearing pada azimuth
card.
4. Antena, yang digunakan dalam VOR memiliki
dua tipe, yaitu antenna tipe bat-wing dan tipe vee-dipole.
Komponen VOR yang berada pada pesawat adalah sebagai berikut:
1. Transmitter, digunakan
untuk mentransmit sinyal radio referensi dan variable yang terpolarisasi
horizontal pada setiap satu kanal dengan frekuensi 30 Hz.
2. Antenna Array, memancarkan sinyal dari transmitter sampai ketinggian
60 derajat sampai 80 derajat terhadap vertikal.
Cara Kerja VOR
Bagian penerima (receiver)
dari navigasi VOR mendeteksi sinyal dari ground station VOR yang dipancarkan ke
segala arah. Lalu receiver melakukan proses pemisahan antara
sinyal 30 Hz variable dan 30 Hz sinyal referensi. Berikutnya
fasa dari sinyal variable dibandingkan dengan fasa dari sinyal
referensi. Arah terbang pesawat udara (bearing) didapatkan dari
perbedaan fasa ini. Dari hasil perbedaan fasa ini akan diubah ke dalam bentuk
tegangan (mv dc) yang selanjutnya menggerakkan jarum pada indikator.
Penunjukkan jarum ini memberikan informasi kepada pilot tentang posisi pesawat
terhadap ground station yang dipilihnya.
Proses pengolahan sinyal sampai ditampilkan pada indikator
VOR dapat dilihat pada blok diagram dibawah ini.
1. Sinyal yang diterima dikirim ke preselector dimana sinyal VOR akan difilter menggunakan BPF.
2. Sinyal tersebut kemudian dikurangi
frekuensinya pada mixer dan dikuatkan lagi menggunakan detector.
melakukan proses demodulasi dan memisahkannya kembali menjadi
sinyal aslinya.
4. Sinyal identifikasi suara dari VOR station difilter, dikuatkan, dan
diaplikasikan pada sistem speaker pada kokpit.
5. Sinyal yang sudah melalui detector diteruskan ke dua sistem. Sistem
pertama melakukan proses deteksi, filter, dan penguatan 30-Hz sinyal variable. Sistem kedua
melakukan proses yang sama kepada 30-Hz sinyal referensi.
6. Kemudian, sinyal 30-Hz variable dan referensi dibandingkan untuk
mendapatkan perbedaan fasenya. Perbedaan fase yang diperoleh dikonversi menjadi
tegangan analog sehingga dapat menggerakan jarum indicator CDI, atau dapat
dikonversi ke dalam format serial digital untuk digunakan pada indikator
digital atau sistem avionik yang lain.
Referensi
http://mojomoxer.blogspot.com/2012/01/sistem-navigasi-udara.html
http://ilmuterbang.com/home-mainmenu-1/27-instrument-rating/499-apa-artinya-vor
http://www.wikihow.com/Navigate-Using-a-VOR
http://en.wikipedia.org/wiki/VHF_omnidirectional_range
http://www.americanflyers.net/aviationlibrary/instrument_flying_handbook/chapter_7.htm
terima kasih atas pelajarannya
BalasHapus