Minggu, 21 Desember 2014

Tactical Air Navigation (TACAN)

Pengertian Tactical Air Navigation
       Tactical Air Navigation (TACAN) , adalah sistem navigasi yang digunakan oleh pesawat militer. TACAN menyediakan pengguna dengan jarak dan bearing dari groundstation. TACAN adalah versi yang lebih akurat dari VHF omni-directional range/ Distance Measuring Equipment ( DME-VOR) sistem yang menyediakan berbagai informasi dan bearing untuk penerbangan sipil. TACAN secara umum dapat digambarkan sebagai versi militer dari sistem VOR-DME. Ini beroperasi di pita frekuensi 960-1215 MHz. Unit dukung TACAN lebih akurat daripada VOR standar karena menggunakan prinsip dua frekuensi, dengan 15Hz (Course Variabel bearing signal), 135Hz (Variabel Baik bearing signal)

Fungsu tacan:
1. memiliki fungsi yang sama seperti vor yaitu untuk memberikan posisi pesawat terhadap stasiun yang dituju dan memiliki keakuratan yang lebih baik bila dibanding dengan VOR.
2. memiliki fungsi yang sama dengan DME, yaitu memberikan informasi terus menerus ketika pesawat akan mendarat mengenai jarak pesawat terhadap runway.

Indicator TACAN
Horizontal Situational Indicator (HSI) digunakan untuk menampilkan informasi dari sistem tacan.






1. Bearing, sistem ini memberikan  magnetic bearing ke stasiun yang telah diatur pilot.
2. Course Deviation, tambahan dari bearing dengan memberikan pilot fly-to command yang membantu pilot dalam terbang menuju stasiun yang dipilih. 
3. To/From , menunjukan arah yang benar  sehingga dapat meyakinkan pilot pesawat terbang menjauhi atau menuju stasiun yang dipilih. 
4. Distance, memberikan  informasi kemiringan arah pesawat terhadap stasiun, hingga jangkauan 390 nautical miles.
5. Beacon Identifier Tone (BIT), memberikan informasi yang terdiri dari kode morse untuk mengindentifikasi stasiun yang telat diatur pilot.
6. Reliability, memberikan informasi warning flag dan deviation warning flag  memungkinkan pilot mengetahui sistem TACAN dapat diandalkan atau tidak. 


Prinsip Kerja TACAN
     Transmitter TACAN menghasilkan sinyal carrier and modulasi yang diinformasikan lewat indicator. Dalam kasus TACAN, informasi pulsa tersebut dimodulasikan ke carrier.  Dalam sebuah stasiun TACAN tanpa pesawat awalnya memodulasi squitter ke carrier, yang pada dasarnya merupakan gangguan acak yang dihasilkan sehingga mendapat panjang gelombang yang tepat. 
          Sebuah pesawat terbang memancarkan sinyal interogasi jarak ketika sedang mengudara (karena dalam T / R). Stasiun akan menangkap sinyal interogasi tersebut dan menghasilkan respon yang tepat dengan pulsa modulasi Data DME (directional measuring equpment) ke bentuk gelombang. Jika ada lebih banyak pesawat di sekitar, DME akan mengambil lebih banyak bandwidth per gelombang, karena setiap pesawat masing-masing mendapat band kecil pulsa termodulasi respon DME, yang digunakan untuk menghitung jarak pesawat ke stasiun. Untuk menjaga pesawat dalam jangkauan sinyal, masing-masing pesawat menggunakan PRF acak (Pulse Frekuensi Berulang) ketika awalnya menginterogasi untuk DME. Stasiun terkadang memiliki delay yang diperhitungkan dalam penyelesaian jarak. Delay ini menyebabkan cone of silence yang kecil di sekitar stasiun (sekitar 0,1 nm).
         Antena memiliki unsur stasioner yang memancarkan pulsa gelombang termodulasi tanpa variasi amplitudo. Unsur pusat stasioner yang sama dikelilingi oleh elemen berputar dengan reflektor. Reflektor mengarahkan energi RF jauh dari dirinya sendiri. Elemen sekunder akan diputar dan sebagai reflektor yang bergerak. Dengan demikian menciptakan sinyal termodulasi amplitudo fisik, dan masing-masing pesawat melihatnya berbeda. Sinyal non-variabel yang digunakan untuk referensi adalah RF "ping" yang diciptakan oleh disk di dasar antena setiap kali reflektor berputar ke barat. Karena pola radiasi berputar, gelombang yang muncul adalah variabel untuk pesawat pada radial yang berbeda, tapi semua pesawat menerima sinyal referensi pada waktu yang sama. 
         Jadi pada dasarnya, pesawat menentukan bearing dari stasiun dengan melihat bentuk gelombang sinyal dan dimana sinyal referensi utama dipancarkan. Untuk memberikan informasi bearing yang lebih akurat, TACAN menggunakan prinsip yang sama dengan DME dan VOR namun lebih akurat . Namun unsur lain berputar dengan 9 reflektor menghasilkan variasi amplitudo bahkan lebih. 

Ground Station TACAN





Referensi
FAA, handbook., 8083-32-AMT-airframe-vol 2,. U.S Departement Of Transportasion. 2012.
http://wiki.flightgear.org/Tactical_Air_Navigation
http://www.opticfox.com/2a4x2/tacan-fun.htm

1 komentar:

  1. mas kalo pas pengecekan ke pesawat tacan dalam kondisi operasional dan indikator dalam keadaan normal semua tapi penerimaan di pesawat hanya bearing saja sementara untuk dintance tidak muncul,kira2 masalahnya terletak dimana ya?

    BalasHapus