Pengertian Tactical Air Navigation
Tactical Air Navigation (TACAN) ,
adalah sistem navigasi yang digunakan oleh pesawat militer. TACAN menyediakan
pengguna dengan jarak dan bearing dari groundstation. TACAN adalah versi yang
lebih akurat dari VHF omni-directional range/ Distance Measuring Equipment (
DME-VOR) sistem yang menyediakan berbagai informasi dan bearing untuk
penerbangan sipil. TACAN secara umum dapat digambarkan sebagai versi
militer dari sistem VOR-DME. Ini beroperasi di pita frekuensi 960-1215 MHz.
Unit dukung TACAN lebih akurat daripada VOR standar karena menggunakan prinsip
dua frekuensi, dengan 15Hz (Course Variabel bearing signal), 135Hz
(Variabel Baik bearing signal)
Fungsu tacan:
1. memiliki fungsi yang sama seperti vor yaitu untuk
memberikan posisi pesawat terhadap stasiun yang dituju dan memiliki keakuratan
yang lebih baik bila dibanding dengan VOR.
2. memiliki fungsi yang sama dengan DME, yaitu memberikan
informasi terus menerus ketika pesawat akan mendarat mengenai jarak pesawat
terhadap runway.
Indicator TACAN
Horizontal Situational Indicator (HSI) digunakan untuk
menampilkan informasi dari sistem tacan.
1. Bearing, sistem ini memberikan magnetic bearing ke stasiun yang telah
diatur pilot.
2. Course Deviation, tambahan dari bearing dengan memberikan
pilot fly-to command yang membantu pilot dalam terbang menuju stasiun yang
dipilih.
3. To/From , menunjukan arah yang benar sehingga dapat
meyakinkan pilot pesawat terbang menjauhi atau menuju stasiun yang dipilih.
4. Distance, memberikan informasi kemiringan arah
pesawat terhadap stasiun, hingga jangkauan 390 nautical miles.
5. Beacon Identifier Tone (BIT), memberikan informasi yang
terdiri dari kode morse untuk mengindentifikasi stasiun yang telat diatur pilot.
Prinsip Kerja TACAN
Transmitter TACAN menghasilkan
sinyal carrier and modulasi yang diinformasikan lewat indicator.
Dalam kasus TACAN, informasi pulsa tersebut dimodulasikan ke carrier.
Dalam sebuah stasiun TACAN tanpa pesawat awalnya memodulasi squitter ke
carrier, yang pada dasarnya merupakan gangguan acak yang dihasilkan sehingga
mendapat panjang gelombang yang tepat.
Sebuah pesawat terbang
memancarkan sinyal interogasi jarak ketika sedang mengudara (karena dalam T /
R). Stasiun akan menangkap sinyal interogasi tersebut dan menghasilkan respon
yang tepat dengan pulsa modulasi Data DME (directional measuring equpment) ke
bentuk gelombang. Jika ada lebih banyak pesawat di sekitar, DME akan mengambil
lebih banyak bandwidth per gelombang, karena setiap pesawat masing-masing
mendapat band kecil pulsa termodulasi respon DME, yang digunakan untuk
menghitung jarak pesawat ke stasiun. Untuk menjaga pesawat dalam jangkauan
sinyal, masing-masing pesawat menggunakan PRF acak (Pulse Frekuensi Berulang)
ketika awalnya menginterogasi untuk DME. Stasiun terkadang memiliki delay yang
diperhitungkan dalam penyelesaian jarak. Delay ini menyebabkan cone of silence
yang kecil di sekitar stasiun (sekitar 0,1 nm).
Antena memiliki unsur
stasioner yang memancarkan pulsa gelombang termodulasi tanpa variasi amplitudo.
Unsur pusat stasioner yang sama dikelilingi oleh elemen berputar dengan
reflektor. Reflektor mengarahkan energi RF jauh dari dirinya
sendiri. Elemen sekunder akan diputar dan sebagai reflektor yang bergerak.
Dengan demikian menciptakan sinyal termodulasi amplitudo fisik, dan
masing-masing pesawat melihatnya berbeda. Sinyal non-variabel yang digunakan
untuk referensi adalah RF "ping" yang diciptakan oleh disk di dasar
antena setiap kali reflektor berputar ke barat. Karena pola radiasi berputar,
gelombang yang muncul adalah variabel untuk pesawat pada radial yang berbeda,
tapi semua pesawat menerima sinyal referensi pada waktu yang sama.
Jadi pada dasarnya, pesawat
menentukan bearing dari stasiun dengan melihat bentuk gelombang sinyal dan
dimana sinyal referensi utama dipancarkan. Untuk memberikan informasi bearing
yang lebih akurat, TACAN menggunakan prinsip yang sama dengan DME dan VOR namun
lebih akurat . Namun unsur lain berputar dengan 9 reflektor menghasilkan
variasi amplitudo bahkan lebih.
Ground Station TACAN
mas kalo pas pengecekan ke pesawat tacan dalam kondisi operasional dan indikator dalam keadaan normal semua tapi penerimaan di pesawat hanya bearing saja sementara untuk dintance tidak muncul,kira2 masalahnya terletak dimana ya?
BalasHapus